Monday, March 16, 2015

Tulisan Tak Berjudul

Ucapan selamat malam mungkin sudah biasa, sapaan segala suasana-pun mungkin sudah kadaluarsa, memang, awal perjumpaan sangatlah terasa, bahkan hingga akhir hayat hati ini berharap akan terus bersama, kepada siapapun yang merasa, aku tau memang ada jumpa dan ada pisah cerita, tapi ketahuilah, kepada jiwa jiwa yang biasa merasa, tidak perlu menerka, aku tau Tuhan akan selalu menjaga cerita kita sampai akhir tiba.

Malam ini, saya tidak tau apa yang ingin saya lakukan. Tugas ada, hanya nafsu untuk mengerjakannya yang tidak ada. Bahkan melihat note tentang tugas-pun saya tidak bergairah sama sekali. Ya, saya cuma tidak mau memikirkannya sejenak saja. Biarlah nanti the power of kepepet yang membantu saya. Saya hanya tak ingin lupa bahagia saja.

Nah, mungkin ini yang menjadi renungan saya akhir-akhir ini. Saya banyak berfikir kalo sebenernya siklus manusia itu memang memang  dan memang benar-benar sederhana. Kita hidup di dunia ini tidaklah banyak tuntutan. Coba pikirkan kutipan ini, "Hidup ini sangat sederhana, yang hebat hanya tafsirannya saja". Kutipan ini saya dapat dari teman dekat saya, emet. 

Disini saya hanya berargumen dan beropini sesuai kapasitas otak saya. Jadi, menurut saya kalau memang untuk melangsungkan hidup itu butuh kesederhanaan. Kesederhanaan yang bagaimana? begini. Untuk merubah mindset itu sulit, jadi saya coba jelaskan sederhana saja, biar kalian yang memikirkan kelanjutannya.

Ada dua pokok konsep yang ingin saya jelaskan disini, yaitu Bahagia dan Cukup. Dua konsep ini sangat berkaitan erat menurut saya. Coba pikirkan, betapa susah payahnya kita mencoba untuk bertahan hidup, kesulitan selalu datang disetiap usaha dan kegiatan kita. Keluhan pasti jadi sedikit celotehan kita. Contoh kecil saja ketika mengerjakan tugas dari atasan, dari dosen atau dari guru. Kesulitan sedikit saja yang kita hadapi pusingnya bukan main. Otak dan pikiran kita mulai memikirkan hal yang tidak-tidak, seperti dimarahi, dipecat, mendapat cemoohan, mendapat nilai jelek dan sebagainya. Mungkin disitu kita kurang tenang. Iya, cukup dengan ketenangan. Untuk dapat berfikir dan bekerja tenang, yang harus kita ingat adalah konsep Kebahagiaan. Kita, apapun keadaan kita, sesulit apapun kondisi kita, jangan lupa bahagia. Caranya? selipkan senyum disetiap kesulitan, selipkan tawa disetiap kesusahan. Karna dalam senyum dan tawa itu tersimpan energi positif yang luar biasa. cobain deh :))

Setelah menguasai konsep bahagia, yang harus kita kuasai selanjutnya adalah konsep cukup. Cobalah pikirkan untuk selalu merasa cukup. Konsep cukup ini bisa dikatakan sama dengan konsep syukur. Cobalah bersyukur dengan segala keadaan kita. cobalah merasa cukup dengan segala kebutuhan kita. Gimana caranya bisa menguasai konsep cukup ini? Simple, coba keluar rumah, jangan bawa gadget, main-main ke pasar, perhatikan aktifitas disana, coba main-main ke simpang jalanan, perhatikan aktifitas disana, atau yang lebih bagus cobalah traveling ke pelosok daerahmu, cermati aktifitas penduduk disana. Lihat cara mereka hidup, cara mereka kerja mencari makan, lihat segalanya yang bisa dilihat. Cermati dan teliti kemudian renungi, bandingkan dengan kehidupan kita. Bukankah kita lebih memiliki dari mereka? :)

Nah, jika kita sudah bisa berbahagia dalam keadaan sulit, kemudian selalu merasa cukup dalam setiap kebutuhan kita. Apalagi yang kita butuhkan? Pikirkan, jika kalian sudah menguasai dua konsep pokok itu, tak akan terpikir untuk memiliki harta, tak akan terpikir untuk menjadi penguasa, tak akan terpikir ambisi besar yang membutakan. Cukup, cukup, cukup, dan jangan lupa bahagia. hanya itu saja :)

"Hiduplah dengan sederhana, merasa cukuplah dengan segala kebutuhan, tersenyumlah dalam setiap kesulitan. Ingat, jangan lupa bahagia dan jadilah orang yang kaya jiwa"-imam ahmad-

Ya, saya tidak bisa bahas panjang dua konsep diatas, kemampuan saya bercerita dengan tulisan sangatlah terbatas. Jika kalian ingin mengetahui lebih panjang, mungkin nanti kita bisa ngobrol santai untuk membahas ini sambil ngopi atau ngeteh ceria bersama :)

Oh iya, sekedar info saja, ketika menulis ini, playlist music saya sedang memutar lagu dari kitaro. Kitaro ini adalah seorang maestro musik dari jepang, musiknya sudah banyak digunakan diberbagai ajang di dunia. Musiknya terkenal menyentuh dan menyayat hati. Saya suka kitaro dari kecil, bahkan dari kitaro inilah saya mulai menyukai musik instrument. Lagu-lagunya cocok untuk menjadi lagu pengantar renungan kita. Sangat meneduhkan dan nyaman.

Akhir kata, silahkan menyimak musik favorit saya ini. Judulnya saya tidak tau, yang jelas ini lagu yang paling saya sukai dari lagunya kitaro. saya taruh di soundcloud. Enjoy =))

No comments:

Post a Comment