Monday, December 23, 2013

5 kebiasan anak kecil sewaktu naik sepeda.


Ha a double el o , hello ~

Apa kabar nih? Kali ini gua hadir diruang baca lo semua dengan perasaan senang, riang gembira, suka cita. Salam bahagia. *kecup basyah*

Asal lo tau aja nih, gue nulis postingan ini dengan posisi jongkok, mulut tertawa *tanpa suara*, dan jempol kaki nyentuh punggung ._. 

Oke, berhubung gua lagi seneng, kali ini gua bagi unek-unek gua dikit nih tentang 5 kebiasaan yang sering dilakukan anak kecil sewaktu naik sepeda. Mau ga? Oke, lo bilang ga juga gua tetep tulis kok :’)
yak, sambil ngedengerin lagunya Naif - Mobil Balap, imajinasi gua tentang sepeda mulai berdatangan. *gak nyambung kan?* lanjoooot ~

Sebelumnya lu udah pada tau sepeda kan? dan lu udah pernah naik sepeda kan? Gua yakin kalian udah pada tau dan udah pada pernah naik sepeda. lah kalo kalian ga tau sepeda tapi pernah naik sepeda itu maksudnya gmna?? -___-

rata-rata deh kalian udah pernah naik sepeda, entah itu sepeda punya sendiri hadiah dari orang tua, atau sepeda dapet malak di temen lo yang agak culun dan agak berada.  Buat lo yang belum pernah naik sepeda waktu kecil, gua saranin jangan baca postingan ini. postingan ini hanya untuk Sepeda ++

Lanjut, Sepeda itu mungkin seperti temen berharga buat anak-anak kecil, apalagi dijaman gua SD dulu, sekitar taun 2000an awal. Entah kenapa di SD gua dulu, yang bawa sepeda keliatan keren banget dibanding anak-anak yang ga bawa sepeda. Gimana ga keren, dia sekali gayung aja 10 langkah terlewati, gimana dua kali gayung? pasti 20 langkah terlewati. Yak mereka terlihat keren karena ketika masuk gerbang sekolah, mereka ga langsung ke kelas atau kekantin, tapi ke parkiran dulu. keren :')

Kalian mungkin inget momen ini ketika kecil dulu kalian adalah seorang pengayuh sepeda sejati, yuk cek it out :)

1. Suka bonceng temen.
Kalo pake motor atau pake becak mungkin ini adalah hal wajar, yang ga wajar itu kalo lo boncengan ketika lu sedang kayang. *lah*. Oke, kebiasaan bonceng temen ini adalah kebiasaan semua bocah yang punya sepeda. entah terdorong rasa empati atau cuma sekedar iseng aja, kalo nemu temen dijalan, pasti ditendang bokongnya, abis itu diketawain, terus ditawarin boncengan. Tapi, yang bikin keren adalah macam-macam gaya anak-anak kalo lagi boncengan pake sepeda.
Yang pertama itu adalah gaya boncenganya itu pihak ter-bonceng berdiri dibelakang pihak pembonceng. kelebihan gaya ini adalah, pihak pembonceng lebih leluasa melakukan manuver dijalanan. Tapi kekurangannya adalah, pihak terbonceng, minimal betis lecet kena putaran roda ban belakang sepeda, atau tempat berpijak yang ter-bonceng terlalu kecil, jadi suka jatoh-jatohan.
Yang kedua adalah gaya yang gua sebut gaya "peluk". pihak ter-bonceng duduk ditengah body sepeda, seolah dipeluk oleh pihak pembonceng. Kalo body tengah sepeda rata, ini enak. Tapi kalo body tengah sepeda agak turun, atau agak lengkung mirip punuk unta, ini mimpi buruk buat yang ter-bonceng.
Yang ketiga, ini yang paling ekstrem, yang ter-bonceng duduk di stang sepeda dan menghadap kedepan. Gua ga tau keuntungan dari gaya boncengan ini, yang jelas kemungkinan jatuhnya adalah 85% karena kesulitan sang pembonceng dalam mengendalikan manuver sepeda dan terhalangnya penglihatan pembonceng kalo yang dibonceng orangnya segede igor saykoji.

2. Lepas tangan dari Stang
Kebiasaan ini emang ajaib ketika baru awal ngeliat, atau baru nyobain. Tapi seiring berjalannya zaman pegaulan anak-anak sepeda, hal ini mulai lazim. Yang ga lazim adalah kalo lo lepas tangan dari semua masalah ini. *plak . Oke, aksi lepas tangan ini emang seru, apalagi kalo lagi sepedehan rame-rame, mau pamer bareng temen gitu ceritanya. Tapi dibalik semua itu, sebelum mahir lepas tangan dan sedang belajar, gua yakin ga sedikit dari lo yang berhasil ubah jalanan jadi kasur. Minimal peluk tembok atau pagar orang. bahkan sampe jadiin selokan kamar mandi dadakannya. Salut.

3. Standing
Kebiasaan yang satu ini cukup banyak yang mencobanya, tetapi sediki sekali yang berhasil. Yup, anak-anak kecil, kalo lagi sepedahan, nemu polisi tidur pasti di bangunin. eh salah, pasti dijadiin titik tumpu buat standing. Hal ini boleh lo selidiki sendiri keberannya, hampir semua anak kecil memanfaatkan polisi tidur sebagai landasan untuk melakukan aksi standing, entah standingnya berhasil atau enggak, yang jelas kalo nemu polisi tidur, pasti kecepatan sepeda ditingkatkan, stang sepeda diangkat sekuat tenaga, dan mencoba mengayuh sepeda dalam posisi roda depan sepeda tak menyentuh tanah.

4. Ngerem 
Nih kebiasaan paling banyak yang dilakuin anak-anak kalo lagi sepedahan, ngerem. Ngerem ini bukan sekedar ngerem, tapi ngerem dengan berbagai gaya. Entah apa motivasi mereka harus ngerem dengan bermacam-macam gaya. Semoga Tuhan melindungi mereka :')
Gaya yang pertama adalah, ngerem mendadak sampe ban belakang naik ke udara. Untuk melakukan gaya ini, sepeda harus dilengkapi dengan rem cakram depan. Buat yang ga punya rem cakram depan, anak-anak ini tidak kehabisan akal, mereka memanfaatkan tembok, pagar, bahkan tiang listirk sebagai rem cakram mereka. Caranya, laju sepeda dinaikkan, kemudian mengarahkan sepeda ke tembok yang dinginkan, ketika roda depan sudah bertumbukan dengan tembok, ban belakang sepeda-pun naik. Kreatif.
Gaya yang kedua adalah ngerem sampe aspal atau tanah berbekas, bahkan berdebu. Caranya adalah, kecepatan sepeda dinaikkkan, pilih tekstur tanah atau aspal yang agak kering atau berdebu, agar gesekan ban dapat menghasilkan debu. Pada saat akan nge-rem, ban belakang sengaja dibelokkan agar terjadi efek gesekan di tanah dan terlihat jejak ban di jalanan. Tapi tidak sedikit dari mereka yang ikut bergesekan dengan jalanan karena tak bisa mengendalikan sepeda.

Yup mungkin itu dulu, dan masih banyak lagi yang lain kebiasaan kita naik sepeda waktu kecil dulu. Kalo ada taruh aja nih di kolom comment, yeah :))
see you next post :D

No comments:

Post a Comment