Saturday, August 18, 2012

Kartu Lebaran Idul Fitri 1433H

Hai semua, apa kabarnya nih? Gimana puasanya? lancarkah? Pasti lancar dong, secara sekarang kan hari-hari terakhir kita puasa taun ini. Biasanya fase orang-orang yang puasa itu kuat di awal dan di akhir doang, hayoo yang ngaku boleh pulang :D

Tradisi kita sebagai seorang muslim dan seorang manusia di hari lebaran adalah "saling bermaaf-maafan", yap suatu tradisi yang ga bisa dipisahkan dengan hari lebaran. Dan ada berbagai cara kita untuk menyampaikan tradisi ini, diantaranya menelpon, atau mengirim SMS kepada keluarga, teman atau sahabat yang jauh, yah kalo deket ngapain juga di telpon atau sms (-___- ). Dan ada juga yang menyampaikannya dengan datang langsung ke rumah keluaraga atau sahabat untuk bersilaturrahmi, bersalaman, bermaaf-maafan dan "Makan Jajan" tentunya.

Tradisi unik lainnya di hari lebaran adalah banyaknya kue atau jajan lebaran yang sudah di siapkan hampir di masing-masing rumah seorang muslim yang melaksanakan lebaran. Kue dan jajan ini memang sengaja di persiapkan untuk para tamu yang akan datang untuk bersilaturrahmi kerumah mereka. Nice ! ini kesempatan gue buat panen jajan, ga perlu beli jajan mahal2 untuk tamu dirumah, tinggal dateng kerumah beberapa temen, silaturrahmi (modusnya), bungkus jajan, kemudian pulang  terus taruh jajan di ruang tamu rumah sebagai hidangan buat para tamu yang akan berkunjung. hahahhaha #ketawaSetan #ketauanKere

Lebaran Juga tidak bisa di pisahkan dengan sesuatu yang "baru", baik itu baju baru, celana baru, sepatu baru, sendal baru, sabuk baru, tas baru, sempak baru, topi baru, asal jangan titit lu yang baru. yak, hal yang "baru" ini menandakan kita yang telah melewati Bulan Suci ramadhan sedianya seperti bayi yang baru lahir, bersih, suci dan baru, begitulah mengapa di hari lebaran banyak yang makai baju baru sebagai simbol hati yang baru dari diri yang lama. Tak ada Baju baru tak apa-apa masih ada baju tetangga :) *lebaranNyesekkk

Tradisi lainnya di hari lebaran yang ga kalah seru adalah "Pawai Takbiran". Yup, pawai takbiran ini di gelar pada malam lebaran, tiap2 masjid (dikota gue, ga tau dikota orang) wajib membuat sebuah miniatur yang bertemakan islami untuk di arak ketika pawai. Disinilah kreatifitas remaja muslim di pertaruhkan. Masing-masing masjid di lain-lain tempat berlomba-lomba membuat sesuatu yang bagus, unik, dan kreatif. Ada yang buat miniatur masjid, Ka'bah, Bedug raksasa, Al-Qur'an raksasa, Onta raksasa, sekali lagi Onta Raksasa (sebagai gembala onta, gue patut berbangga hati).

Malam "pawai takbiran" di meriahkan dengan tumpahnya masyarakat yang antusias untuk melihat pawai deretan beberapa karya remaja muslim, dari anak kecil, anak besar, bapak-bapak, ibu-ibu, kakek nenek juga ikut antusisas menonton pawai takbiran ini. Untungnya ga ada mayat yang ikut -_-
Sembari menampilkan hasil karyanya, tiap2 kontingen menyuguhkan pertunjukan seni, di antaranya lagu-lagu takbiran dengan diiringi arransemen musik yang kreatif pula, ada yang langsung bawa alat2 ngeband ke atas mobil, ada yang make bedug, ada yang make alat musik tradisional seperti bambu, galon air, botol, dan ada juga yang menampilkan pertunjukan rebana khas islam (itu kampung gue lho:D ) Dimalam Pawai juga ga jarang kita melihat rentetan suara kembang api yang membahana di langit hitam yang penuh bintang (ya iyalah masa penuh binatang -_-) yang semakin menghiasi dan memeriahkan malam takbiran.

Begitulah sebagian besar tradisi di hari lebaran di Kota gue, ga tau deh di kota para pembaca sekalian mungkin ada banyak hal yang lebih keren lagi di hari lebarannya. 

Supaya ga melenceng dari judul, kasian pembaca ntar malah nangis lagi, kartu lebaran itu bukan hanya sebuah kartu kertas biasa, ada juga berbentuk ucapan melalui telepon, sms, jejaring sosial ataupun hadiah parsell. Nah yang uniknya, tiap lebaran gue pasti dapet banyak sms tentang Ucapan Selamat Hari Lebaran ini, dan biasanya itu dateng dari SMS temen2 atau keluarga gue. 

Isi smsnya macem-macem, di antaranya ada yang tulisannya rada-rada alay gitu, contohnya :: 

TeRuc4p s4l4h d4rI biBiR y4nG hiN4
s3riN9k4Li kiT4 t4K meNy4d4riNya
......
....
.. 
seL4maT H4ri r4Ya iDuL fiTri 1432H
mOhoN m44f l4hiR dHan b4tHin y4cH .,..,..,., :) 
==>> Gila ga capek apa ngetik sms sigini panjang, hurufnya besar kecil ga jelas, ini ngetiknya pake kalkulator kali ya banyak angka2 gitu -______-

Ada juga yang smsnya rada-rada Lebay, ada yang normal, ada yang sakit jiwa, ada yang psikopat (ini sms atau rumah sakit jiwa sih). Tapi gue biasanya ngirimin temen2 make sms yang ini, ini hasil buatan gue lho, boleh di copas juga, dan di makan sendiri, ya nggaklah, tapi di buang, ya nggak juga nyet, tapi di kirim kepada sodara sanak keluarga family handai taulan sahabat temen deket dll. Curcol booq, berikut sms kartu lebarannnya :

Satu ::

Kami darrriiiiii "TADI" !!!
Mengucapkan, selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 H,
mohon maaf lahir dan bathin :D

*itu sms kartu lebaran yang super simple, terinspirasi dari gaya artis-arits di TV yang di suruh ngucapin selamat idul fitri oleh wartawan infotaiment. Kata "TADI" di atas bisa di ubah sesuai selera, bisa di ganti make "Kami darii 'Kemaren', atau "Kami dari 'Kantin' juga bisa (ini ngapain abis dari kantin langsung ngasi ucapan, untung aja ga bilang dari WC -_-), atau bisa pake nama group band lo, nama komunitas lo, nama keluarga lo, nama geng lo, atau nama abang tukang becak langganan lo (koq ada abang tukang becak nongol, lupakan!) atau

Kedua (ditambahkan dengan sedikit puisi atau pantun) ::

seringkali mulut salah ketika bersuara
seringkali telinga bersalah ketika mendengar
seringkali kaki bersalah ketika melangkah
seringkali tangan salah ketika menyentuh
seringkali mata salah ketika memandang
namun, seringkali juga hati merasa sedih ingin memohon maaf dengan tulus,

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Mohon maaf Lahir dan Batin

"Imam SeKampung"

Gemuruh Takbir Keras berkumandang,
lampu ampunan sudah di nyalakan,
terucap syukur di atas syukur,
dari segala Doa yang mulia nan luhur,
tak lengkap semua tanpa seuntai kata,
tak indah semua tanpa sodoran tangan,
di hari yang fitri mari kita bersihkan hati dan sucikan diri,
untaian kata maaf dan sodoran tangan ini,
murni dari lubuk hati, agar kita sama sama mendapat ridho ilahi :)

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

"Imam Sekelurahan"

*sms kartu lebaran di atas mungkin tergolong biasa, bisa lo ganti pake apa aja yang lebih bagus, tapi lihatlah di ending kalimat, biasanya pengirim menuliskan identitasnya dan identitas keluarganya, dan sumpah gue dapet banyak sms ucapan selamat lebaran dari temen gue yang endingnya bertuliskan "Icha & Family" "ayu & keluarga" "andri Sekeluarga"  "emet serumah" dll (yang terahir gue ga tau karna rumah dia mau dijual katanya, entahlah!)
Karna gue orangnya baik hati dan rajin menabung serta tidak pernah bolos ngaji (karna gue ngaji dirumah), gue ga tanggung tanggung untuk bawa nama kampung dan kelurahan gue, kalo elu tega, elu bisa nambahin endingnya dengan kalimat "Imam Se Kecematan" atau "imam Se kabutpaten" atau "imam SeProvinsi", "Imam SeNegara" juga boleh,  terserah elu deh pokoknya, di asikin aja :)

Jika ada "selamat datang" pasti ada "selamat tinggal", ketika ramadhan datang semua orang bersuka cita, ketika idul fitri datang semua orang bersuka ria, namun yang seringkali di lupakan orang-orang adalah perginya bulan Suci Ramadhan. ya, tak banyak yang sadar akan perpisahan dengan bulan yang mulia ini karna semua tertutupi akan kesenangan di hari kemenangan (secara baju baru udah di strika men ! ). Gue sering pengen nangis ketika akhir ramdhan begini, sering ngedenger suara dari corong masjid-masjid yang bunyinya "selamat tinggal ramadhan" "sampai jumpa lagi ramadhan" "sampai ketemu lagi tahun depan" dll. sumpah pengen gue nyayat hati gue karna sedihnya di tinggalin ramadhan (jujur ini ga ngarang) karna gue belum memanfaatkan sepenuhnya momen berharga ini. Ampuni hamba ya ALLAH :(

Akhir kata, Kami segenap redaksi dan kru Gembala-onta.blogspot.com (belagu amat pake redaksi dan kru, padahal aslinya cuma satu orang) mengucapkan mohon maaf apabila dalam penulisan di setiap posting di blog ini ada orang yang ngerasa tersinggung atau nggak srek karna namanya di cantumkan, ini semata-mata karna gue cuma igin mencurahkan apa yang gue rasain disini dan juga ingin menghibur. Tanpa kalian, cerita gue terasa hambar, walaupun garing, gue cukup seneng dan bangga karna udah bisa menjadi penulis (blog).

Pertama buat Keluarga gue, Bapak, Mamak, Kaq Emi (dan istri), Kaq Rini (dan suami serta 3 anaknya), Kaq lilik, Imam mohon maaf yang sebesar-besarnya jika sering melakukan kesalahan dan buat kalian kesel :( Imam sayang kalian semua :*

Buat kelurga gue yang lainnya yang banyak banget, gue juga menghaturkan maaf jika sering melakukan kesalahan baik itu yang sengaja maupun tidak sengaja.

Buat Temen-temen dan Sahabat gue baik yang jauh maupun yang deket, buat semua Mantan pacar gue (karna sekarang ga punya pacar), buat orang yang ngerasa kenal sama gue, buat orang yang gue kenal tapi elu ga kenal gue, buat temen2 di Facebook, twitter, blog dan lain-lain. Gue haturkan beribu maaf dan ucapan terimakasih karena sudah jadi bagian dalam hidup gue.

for the last, Gue, Imam Ahmad Askalani Syukri selaku admin blog ini mengucapkan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433H, Mohon maaf lahir dan bathin !

uyeeeeeeeee lebaraaaaaaaaaaaannnn, Baju baru daaaaaannnnn makan makan :D see ya semuanya !!!!


 

2 comments:

  1. Saya sih cuma update status atw ndk tweet :x

    ReplyDelete
  2. ya bisa juga sih, tapi sms lebih banyak yang masuk :)

    ReplyDelete