Wednesday, September 19, 2012

"Imam" Dimata Seorang sahabat "Bayu Pratama (emet)"

Okeh, emmm selamat malem semuanya :) Langsung aja nih
Gue mau buka sesi Curhat dikit nih, entah kenapa dua tiga hari terakhir ini gue lagi suka merenung, merenungin apa itu gue ga tau, yang jelas merenung itu adalah hal yang indah tapi nyesekk.
Gue akhir2 ini keinget sosok seorang teman, sahabat, bahkan sudah gue anggep sebagai sodara gue sendiri, namanya bayu pratama tapi panggilannya adalah "Emet", jangan tanya mengapa, karena sesungguhnya dia semetan (semet = kumis dalam bahasa sasak).

Oke, waktu itu gue lagi main facebook, dan tiba2 gue terlibat suatu coment2an bareng emet di status gue, entah apa yang kita bahas sebelumnya, dan tiba di satu koment emet menulis "imam yang paling pd, yang ngincer buah chery dari rumahnya ira sampe rumahnya buk baed, yang ngagetin orang pake suara 'mbeeek', yang tidur waktu psg ampe 'sekelas' di marah, yang yang yang. alahhh, miss you brother -____-" di lanjutin lagi "imam yang tereak cuman gara" suara tv -___-" dan setelah baca koment ini, gue suer ya air mata gue mengalir perlahan membasahi pipi ibu kantin, ya enggaklah pipi gue maksudnya T____T

Selesai sesi mengharukan itu, gue matiin laptop dan mencoba istirahat, gue tiduran sambil dengerin musik lewat hape gue. Dan entah mengapa musik yang keputer saat itu adalah lagu yang mellow, pas banget buat merenung, dan ngepas banget buat nginget temen gue si emet ini. Terutama lagunya "Lingkin Park - Iridescent", dan lagunya sungguh mendayu sayu mengingatkan semua hal gokil, asik, seru, lucu, sedih yang gue lewatin bareng sahabat gue ini.

Gue mewek lagi, air mata gue mengalir lagi dengan sendirinya, ga kuat dengan keadaan ini, gue langsung aja sms si emet dan bilang kalo gue kangen sama hal2 yang dulu udah kita lewatin sama2. Oh ya, sebelumnya sewaktu gue masih main FB, gue pesen si emet untuk nulis biografi tentang gue di mata dia, siapa gue, gimana gue, gue suka apa aja dan bla bla bla, dan akhirnya biorafi singkat tentang gimana gue "Imam" di mata seorang sahabat "Emet" pun jadi, dan langsung dikirim lewat PM facebook. Check this out, ini tulisan murni dari emet ::
==
Hello. Gw mau sharing dikit nih, tapi harus mulai dari mana ya? Yaah, sesuai pesenan teman gw, siq ‘Imam Ahmad Askalani  Syukri’ yang minta gw men-diskripsikan dia, akhirnya gw coba buat mendiskripsikan bagaimana teman gw yang satu ini (di mata gw).

Imam Ahmad Askalai Syukri, salah satu temen terbaik yang bisa gw dapetin selama 18 tahun kehidupan gw. hahaha, mengingat betapa rasisnya gw dalam memilih teman, siq imam harusnya ngerasa beruntung bisa jadi temen gw (tetep), ok, becanda becanda.

Well, imam adalah salah satu temen terbaik gw, sahabat terbaik gw, bahkan mungkin udah jadi sodara gw. gw masih inget gimana pertama kali gw ketemu ama dia, di lab komputer depan ITC (sekarang udah jadi labnya MM -___-“) di SMKN 3 Mataram. Hari itu hari pertama masuk sekolah (setelah ospek) well, gw telat masuk kelas karna sempet nyasar dulu di STM, setelah keliling dan nanyak sana sini, akhirnya ketemu juga kelas gw, nyet bener.

Kelas gw udah ketemu, gw masuk, eh kelasnya udah penuh. Mata gw mulai menerawang, mencari anak yang kira-kira bisa gw dudukin (bangkunya), dan wallah, terlihatlah 2 sosok mahluk yang waktu itu gw kira mereka sodaraan, yahhh, gw ngeliat ke arah siq imam dan teman sekelas gw yang lain, fajri. Mendekati mereka, gw pun minta’ mereka buat geser, gw pengen duduk!

Singkat cerita, setelah beberapa percakapan, gw ama imam entah dengan cara apa sampai ke topik ngomongin musik, dengan suksesnya gw ama imam malah nyambung ngomongin ‘Avenged Sevenfold’, kita mulai nyanyi” ngk jelas, pamer”in video Avenged masing-masing, dan Avenged sevenfold pun menyatukan kami, terima kasih Avenged Sevenfold. (tambahan, inget ga met, pas nonton video gunslinger, gue hampir nangis :)

Pertama kali gw ke rumah imam pun ya gara” Avenged Sevenfold, karna waktu itu kita sama” make sepeda, gw ikut aja sepedahan ke rumahnya dia, sekalian minta’ video” clip Avenged Sevenfold gitu.
Ada hal lucu yang gw inget waktu pertama ketemu ma imam, hahahahaha, waktu itu pelajaran MTEDD (gw lupa kepanjangannya apaan, ya sejenis elektro gitu lah), sumpah, itu adalah pelajaran paling membosankan selama semester I. dengerin pak guru gw yang suaranya kaya’ om-om girang, ckckckc. Di lab MTEDD, ada jam dinding yang terpajang dengan indahnya di pojok kanan atas depan ruangan, jamnya aneh, itu jam ngk punya jarum penunjuk detik. Dan lucunya, ternyata gw ama imam adalah orang yang berpikiran sama, kami ber2 berteori bahwa ‘Melihat jam dinding yang tak memiliki jarum penunjuk detik saat pelajaran MTADD = NYESEK…!!!!’, sumpah, itu pelajaran berasa tambah lama gara” tu jam.

Naik ke kelas 2, gw mulai tau apa yang namanya cinta, dengan cara yang aneh dan ngk jelas gw sukses menyukai temen sekelas gw waktu itu. Dan imam adalah orang yang gw tunjuk buat nyomblangin gw, sukses kah? Ngk, sik imam ngk bakat jadi mak comblang -____-“

Di kelas 2, gw agak lupa hal-hal gila apa yang pernah gw lakuin ama dia, yang keinget cuman PR yang numpuk buat bikin laporan. Waktu itu pernah ada tugas buat bikin laporan tentang BIOS, waktu buat bikin laporan udah lewat, dan lo tau apa? Gw belom ngetik sepatah katapun buat dikumpulin. Tapi syukurnya gw, ternyata bukan gw doang yang belom ngumpulin laporan, muehehehehe. Dengan perintah dari pak guru, gw disuruh buat nyari’ teman yang bisa bimbing gw buat bikin laporan tersebut, dan yeahh, imam adalah orang yang gw tunjuk untuk melakukan hal mulia itu, dan yeahhh, dia sukses jadi guru. Walaupun gw inget, waktu di suruh bikin laporan, gw malah minta’ dia buat formatin video (gw lupa video apa) buat di masukin ke HP, karna dianggap ngk nyambung ama pelajaran gw waktu itu, gw ama imam sukses di suruh push up di depan kelas cumin gara” format video, yeahhh.

Naik ke kelas 3, Anak STM harus nyari’ tempet buat Praktek Kerja Lapangan. Penuh lika liku perjuangan, hahaha, bahkan siq imam sampe meneteskan air mata. Well, waktu imam nangis tu, gw agak bingung ama prasaan gw sendiri? Karna tumben ada seorang temen, yang gw temuin nangis buat temennya. Yang lebih sering gw liat dalam pertemanan, solidaritas itu ditunjukkan dengan mendukung hal-hal buruk yang dilakukan temannya, mengangap bener semua yang dilakukan temannya, membela temannya walaupun salah, tapi ketika mereka akan berpisah, ya sudah, mereka pisah. Tapi imam beda, dia adalah tipe teman yang ‘hanya’ mendukung temannya dalam kebaikan, dan waktu kita mau pisah, walaupun cuman buat sebentar (kira-kira 3 bulan), dia nangis men. Jujur, gw salut ama dia waktu itu? Ada satu kalimat yang gw pengen bilang ke dia waktu itu, ‘Makasih mam, Makasih udah mau nangis buat sahabat… :).

Well, akhirnya gw, imam, andre, pian, wawan, dan fajri, kelompok gw buat PSG waktu itu dapet jatah tempat PSG di BPDE Prov. NTB. 3 bulan kita di sana, kita semua malah kaya’ bikin kelas, tiba” siswa SMK yang PSG di sana ada 21 orang lebih, jauh melenceng dari perkiraan semula, kirain cuman kita-kita doang yang PSG di sana, taunya jadi sekelas -___-“

Well, waktu PSG, gw sempet ketemu ama cewek yang jadi, yahhh, angep aja cinta pertama gw (karna dia adalah orang pertama yang gw mau kejer). Dan imam adalah orang yang nemenin gw buat deketin cewek itu. Walaupun ujung-ujungnya cewek itu nolak gw (pedih yeee).

Pernah suatu kali gw cemburu, ama siq imam. Waktu itu gw minjem HPnya dia, karna iseng, gw baca aja smsnya, dan ternyata siq imam smsan ama cewek yang gw kejer itu. Dan yeahh, gw sukses cemburu ama imam, tapi tenang, itu cuman buat sebentar kok. Gw sadar waktu imam belom tau kalo gw lagi suka’ ama tu cewek, dan ditambah gw ngerti cewek itu adalah tipe yang super sok akrab ama orang. Jadi gw waktu itu cuman cemburu setengah hari aja, hahaha, mungkin karna gw sadar persahabatan akan selalu lebih penting dari hal apapun.

Akhirnya, kalo mau nulisin semua hal-hal gokil, saat-saat yang membahagiakan, yang gw dan imam lakukan dan lalui. Mulai dari ngejer cewek, pergi jalan-jalan, ditilang polisi, ngenet bareng, nyari film waktu bulan puasa, minta film aneh, ketemu fatma, ketemu puspa, nebeng, tidur bareng, ketawa bareng, tereak gara” suara TV, nyari’ mie ayam bareng, seru-seruan, itu kebanyakan buat ditulisin di biografi singkat ini, yang jelas imam adalah teman gw yang bener-bener gw pikir ‘gw sepemikiran ama orang ini’. (tambahan dari gue, inget ga met kita jalan2 malem minggu, nemu mobil pemadam yang lagi buru2 di lampu merah, pas udah sepakat buat ngikutin tu mobil pemadam karna berfikir ada kebakaran hebat, eh ternyata tu mobil pemadam balik ke markas yang jaraknya 10 meter dari lampu merah tadi -_-) (Inget juga ga pas terawih di pondok, kita duduk di belakang yang bukan santri sana, eh malah di gebuk make sajadah sama ustas pondok itu) (inget ga pas keliling2 malem2, suka lupa belok, malah nyasar ga tau arah tujuan, pergi ke senggigi jam 10 malem cuma buat liat pemandangan indah bukit senggigi dimalam hari, miss this moment brada :)

Imam di mata gw adalah orang yang melakukan apa yang ingin dia lakukan ketika dia merasa itu benar, menolak dengan tegas apa yang dia tidak suka (walaupun kadang cara nolaknya bikin nyesek orang, hahaha, gw jadi inget robi waktu mau nyontek pas ulangan kimia), orang super welcome yang gw tau, ramah ama semua orang, ngk terlalu kaku dalam bergaul, kadang-kadang agak ke-PD-an, tapi gw heran PDnya dia selalu berhasil -____-“ gw jadi ngiri. Orang yang ngk segan buat nolongin temennya, dia tempet nebeng gw. dan satu lagi yang paling gw suka dari dia, ‘ngk pura-pura..!!!’.
Ada kata-kata yang bilang ‘jangan berusaha mengikuti orang lain agar dapat diterima, tapi carilah sebanyak mungkin orang yang sama seperti dirimu dan menerimamu apa adanya…!’. Dan sepanjang yang gw tau, imam adalah orang seperti itu.
Well, lo sahabat baik gw krik, brother! :) sekian dulu ye, capek ngetik.

#bergelinangAirMataBacaIni #SenyumBahagia 
itu dia tulisan dari sahabat gue "Emet" tentang gimana gue dimata dia, gue emang sering melakukan hal berdua, tapi gue ga homo ya :D dia udah gue anggep sodara sendiri, ibunyapun udah gue anggep sebagai ibu gue. 

Sebenernya masih banyak cerita yang gue alami berdua sama emet, tapi kalo di tulis disini ga bakal selese ceritanya, so intinya semua itu adalah kenangan indah dari seorang sahabat karib gue. 
Oh ya, kalo mau add fb sahabat gue ini langsung aja disini https://www.facebook.com/bayu.pratama.9655 , dia juga punya blog yang namanya "Cupangambang.blogspot.com" bisa di visit disini http://cupangambang.blogspot.com/ . akhir kata gue share foto dia ya ::

foto paling atas (sendirian) itu dia si emet lagi mandi tepung, terus foto di bawahnya itu foto emet (baju coklat, kumisan dan make tas) dan disebelahnya kirinya itu gue, imam si mr. kece mak baju item garis2 :D

Till now, you still my friend as my brother as my family too :) i hope we can meet again my brada :)


2 comments:

  1. terharu TuT
    ini kece meyong :3
    tulisan lo mengandung hikmah..so sahabat tuh everything lah ada saat sedih, seneng, semrawut.
    ayo peluk sahabat masing masing secara serempak :)

    ReplyDelete
  2. peyuuuuk :''(
    gue paling bangga punya sahabat, temen, mereka berharga dalam hidup gue, dan gue ga rela kehilangan satu orang sahabatpun :)
    #hidupSahabat

    ReplyDelete